Senin, 09 Juni 2008

Ternyata bumi masih mengandung banyak misteri

Makhluk Misterius Ditemukan di Antartika

Minggu, 24 Februari 2008 - 13:37 wib

ILMUWAN Australia yang meneliti kehidupan laut Antartika menemukan sejumlah makhluk misterius. Makhluk-makhluk tersebut antara lain laba-laba laut raksasa serta cacing raksasa yang hidup di dasar laut.

Makhluk-makhluk raksasa itu hidup pada kedalaman sekira 3.000 meter di bawah permukaan air laut. Makhluk-makhluk itu menjadi besar akibat fenomena gigantisme. Namun, para ilmuwan belum mengetahui penyebab gigantisme.

"Gigantisme sangat umum di perairan Antartika. Kami telah mengumpulkan cacing laut, laba-laba laut, dan binatang-binatang bercangkang yang memiliki ukuran tubuh selebar nampan makanan," ujar ilmuwan Australian Antarctic Division Martin Riddle, ketua tim ekspedisi.

Makhluk-makhluk yang ditemukan Riddle dan rekan-rekan kini telah dikirimkan ke universitas-universitas dan museum-museum terbesar dunia untuk diidentifikasi dan diteliti. Sebab, tidak semua makhluk yang ditemukan tim Riddle dapat diidentifikasi. Ekspedisi ilmuwan Australia tersebut untuk memetakan bentuk-bentuk kehidupan Samudera Antartika.

Penelitian itu juga berupaya mengungkap pengaruh perubahan iklim terhadap lingkungan hidup di bawah permukaan laut. Australia bekerja sama dengan Prancis dan Jepang dalam ekspedisi tersebut. Australia mengerahkan kapal Aurora Australis, Prancis mengerahkan kapal L'Astrolabe, dan Jepang mengerahkan kapal Umitaka Maru
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Ternyata bumi masih mengandung banyak misteri"